Rabu 15 Aug 2012 07:18 WIB

Mau Tahu Info Kepolisian? Ini Aksesnya

Rep: MG05/ Red: Dewi Mardiani
Publik dapat mengakses info kepolisian lewat internet. (Fotografer: Adjie Sambogo/Republika)
Foto: Republika
Publik dapat mengakses info kepolisian lewat internet. (Fotografer: Adjie Sambogo/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian adalah salah satu instansi yang  sering berhubungan dengan publik. Namun, terkadang masyarakat sulit untuk mengakses informasi dari kepolisian. Padahal, hak atas informasi ini menjadi bagian penting untuk berpartisipasi dalam urusan publik maupun negara, berdasarkan prinsip demokrasi.

Melihat fakta ini, MediaLink bekerja sama dengan Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), airputih dan TIFA, menghadirkan layanan aksesinfopolisi.org. Melalaui website ini setiap orang bisa mengakses informasi sektor kepolisian dengan mudah.

Menurut Koordinator Program MediaLink, Mutjaba Hamdi, publik dapat mengakses website ini, dan melakukan permintaan informasi sektor kepolisian. Sebaliknya, pihak kepolisian dapat melayani dan menanggapi permintaan yang diajukan.

"Tujuan utamanya, website ini mempermudah proses keterbukaan informasi publik sektor kepolisian," ujar Mutjaba, di Jakarta, kemarin.

Kemudahan akses ini, Mutjaba memaparkan, dimungkinkan publik bisa mengontrol jalannya penyelenggaraan negara. "Jika publik bisa mendapatkan akses seperti ini, pencegahan mal-administrasi dan korupsi bisa dilakukan," ungkap Mutjaba.

Mutjaba menambahkan, website ini masih dalam tahap penyempurnaan. Sumber kepolisian yang saat ini baru dari Polda Metro Jaya. "Mudah-mudahan nanti Polda dari daerah lain bisa masuk," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement