Senin 13 Aug 2012 12:38 WIB

Kunci Kemenangan 2014 di Caleg, Bukan Partai

Rep: M Akbar Wijaya/ Red: Dewi Mardiani
Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei mengenai tingkat elektabilitas partai politik belum tentu menggambarkan realitas politik sebenarnya. Sebab, kebanyakan lembaga survei hanya menawarkan nama partai ke publik, tanpa nama calon legislatif.

"Kunci kemenangan di 2014 ada pada calon legislatifnya. Bukan partainya," kata Sekretaris Jendral PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, di acara "Parpol dan Capres Menuju 2014" yang diselenggarakan Jaringan Suara Indonesia, kemarin.

Tjahjo menyatakan dalam sistem Pemilu bebas terbuka, kualitas calon legislatif merupakan kunci kemenangan. Partai boleh gembira dengan tingginya angka popularitas dan elektabilitas mereka dalam survei, tapi bila tidak bisa menyediakan caleg yang sesuai harapan publik, kegembiraan mereka tak akan bermakna apa-apa. "Caleg lah yang akan mempengaruhi perolehan suara parpol di Pemilu."

Senada dengan Tjahjo, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Tjatur Sapto Edy juga berpendapat Caleg berperan penting terhadap perolehan suara partai. Menurut Tjatur PAN selalu mendorong para Calegnya membangun kedekatan dengan konstituen. "Orangnya yang harus menonjol, bukan partai," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement