Senin 13 Aug 2012 02:06 WIB

Awas, Daging Kedaluwarsa, Begini Cirinya

Daging sapi (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Daging sapi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU---Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu menemukan pedagang yang menjual daging kedaluwarsa, di salah satu pusat perbelanjaan daerah itu.

Atas temuan tersebut, warga Bengkulu diimbau berhati-hati membeli daging ayam potong dan daging sapi mendekati Idul Fitri 1433 Hijriah, diduga banyak daging berkualitas rendah tersebut dijual, kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu, Hauliantua Pohan.

Ia menyatakan, daging berkualitas rendah itu ditemukan di pasar tradisonal mandiri Pasar Minggu setempat, beberapa hari lalu.

Guna mencegah konsumen yang dirugikan, masyarakat diminta untuk selalu memeriksa daging secara teliti sebelum membelinya, dan bila membeli daging di pusat perbelanjaan hendaknya meneliti tanggal kedaluwarsanya, kata dia lagi.

"Warga diimbau untuk mewaspadai penjualan daging sapi, kerbau, dan ayam yang telah kedaluwarsa selama Ramadhan serta menjelang Idul Fitri 1433 Hijriah," ujar dia.

Dia menjelaskan, pada pemeriksaan di Pasar Minggu beberapa waktu lalu, ditemukan daging ayam yang berkualitas rendah dicampur oleh pedagang bersama potongan daging ayam lainnya, untuk dijual kepada konsumen.

"Ciri-ciri daging sapi, kerbau, dan ayam kedaluwarsa dan berkualitas rendah, antara lain warna daging telah berubah kehitam-hitaman, berbau busuk dan daging lembek bila ditekan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement