Rabu 08 Aug 2012 15:02 WIB

BAZ Jatim Targetkan Perolehan Zakat Rp 4 Miliar Lebih

Zakat maal (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Zakat maal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Badan Amil Zakat (BAZ) Jawa Timur menargetkan perolehan zakat maal, infak, dan sedekah yang dihimpun pada tahun ini Rp 4 miliar lebih.

"Tahun lalu, kami menghimpun zakat maal sebanyak Rp 4 miliar, padahal setiap tahun ada kenaikan Rp 600 juta hingga Rp 700 juta," kata Kepala Biro Administrasi Kemasyarakatan Sekdaprov Jatim, H Thoriq Afandie, Rabu (8/8).

Thoriq mengatakan peningkatan zakat maal setiap tahunnya itu terjadi sejak tahun 1996. Tahun 1996, zakat yang terhimpun hanya Rp 20 juta, lalu setiap tahun meningkat hingga mencapai Rp 4 miliar pada tahun 2011, karena itu tahun ini diharapkan melebihi Rp 4 miliar itu.

"Masyarakat sebenarnya cukup menyadari kewajiban zakat, namun mereka mengalami kesulitan akibat lokasi lembaga pengelola zakat yang jauh dan kualitas lembaga yang kurang kredibel," ujarnya.

Oleh karena itu, BAZ Jatim merekrut tenaga-tenaga profesional dari kalangan perguruan tinggi, seperti IAIN. Sehingga posisi dana yang dihimpun zakat dan dari donatur kini berimbang. Namun, upaya itu masih kecil dibandingkan dengan potensi zakat di Jatim.

"Potensi zakat di Jatim itu mencapai triliunan, karena itu BAZ Jatim akan meningkatkan kualitas untuk menjadi pengelola yang profesional, terukur, dan tepat sasaran," kata Thoriq.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement