Sabtu 04 Aug 2012 05:03 WIB

Bila Kartu ATM Sulit Keluar, Hati-hati karena...

Seorang petugas melakukan identifikasi di tempat kejadian kasus pembobolan mesin ATM (ilustrasi).
Foto: Antara/R Rekotomo
Seorang petugas melakukan identifikasi di tempat kejadian kasus pembobolan mesin ATM (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO---Pihak Kepolisian Resort Kota Gorontalo, meminta warga di daerah tersebut untuk waspada dalam menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resort Kota Gorontalo, Ajun Komisaris Polisi Lesman Katili mengatakan bahwa pihaknya telah membekuk salah seorang pembobol mesin ATM pada Ahad (29/7) di salah satu kompleks hotel di daerah itu.

Dari keterangan yang diperoleh oleh pihaknya, modus yang digunakan oleh para pembobol adalah dengan memasukkan semacam alat ke dalam mesin ATM, sehingga kartu ATM yang masuk ke dalam mesin tidak keluar lagi.

Setelah memasukkan semacam alat tersebut ke dalam mesin para pembobol kemudian sengaja menulis nomor telepon di atas mesin tersebut untuk dihubungi oleh pemilik kartu ATM.

Setelah dihubungi oleh pemilik kartu ATM maka si pembobol bakal meminta nomor pin kartu tersebut. ''Setelah mendapatkan nomor pin tentunya si pembobol dengan leluasa mengambil uang milik si pemilik kartu,'' kata Lesman.

Oleh karena itu kata Lesman, pihaknya meminta agar para pengguna mesin ATM untuk bisa lebih berhati-hati dengan tidak mudah percaya kepada siapa pun ketika kartunya tertahan di dalam mesin tersebut.

Bahkan kata dia, bila perlu pengguna ATM yang kartunya tertahan di dalam mesin tersebut diminta untuk segera menghubungi pihak bank atau bisa langsung memberitahukan kepolisian jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement