Jumat 03 Aug 2012 14:19 WIB

Jegog akan Didaftarkan Sebagai Warisan Budaya Dunia

Jegog Bali
Jegog Bali

REPUBLIKA.CO.ID,JEMBRANA--Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali, mengupayakan pendaftaran musik tradisional Jegog ke Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan di Negara, Jumat, mengatakan, saat ini pemerintah daerah sedang membahas upaya mendaftarkan Jegog ke UNESCO. "Selain itu, muncul juga wacana mencarikan hak paten untuk Jegog," katanya seusai membuka Festival Kesenian Jembrana.

Ia mengaku, wacana tersebut muncul karena seniman Jegog mulai dilanda keresahan saat ada daerah lain yang juga memunculkan kesenian serupa. "Dari pantauan kami, ada salah satu daerah yang memunculkan Jegog. Padahal dari sisi kesejarahan maupun tradisi, Jegog jelas musik khas Jembrana," ujarnya.

Meski demikian, pihaknya tidak akan buru-buru memilih opsi pendaftaran ke UNESCO atau mencarikan hak paten karena harus melalui pembahasan serius terlebih dahulu. "Semua pihak, khususnya seniman jegog akan kami libatkan dalam pembahasan ini. Kami tentu juga minta bantuan dari pemerintah provinsi dan pemeirntah pusat untuk memberikan rekomendasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Gede Pitana, dalam kesempatan tersebut mendorong pendaftaran Jegog ke UNESCO.

Menurut dia, selama ini hak paten diberikan untuk karya-karya individu, sedangkan Jegog merupakan musik tradisi komunal. "Kalau hak paten, pastinya juga menyangkut royalti untuk kesenian ini. Untuk Jegog agak sulit soal royalti tersebut karena merupakan kesenian komunal," katanya.

Jegog merupakan kesenian musik tradisional Kabupaten Jembrana. Alat musik Jegog terbuat dari bambu yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan sehingga ketika ditabuh menghasilkan harmonisasi nada.

Dalam Festival Kesenian Jembrana akan ditampilkan 73 sekaa atau kelompok Jegog secara bersamaan di Gedung Kesenian Bung Karno, Negara. Jegog mengiringi tarian massal yang diperkirakan akan diikuti lebih dari 3.000 peserta.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement