Senin 30 Jul 2012 18:26 WIB

Bantu Muslim Rohingya, AJI dan HMI Gelar Galang Dana

 Sejumlah massa melakukan aksi damai menyerukan penghentian penindasan etnis minoritas Rohingya di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (26/7). (Tahta Aidilla/Republika)
Sejumlah massa melakukan aksi damai menyerukan penghentian penindasan etnis minoritas Rohingya di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (26/7). (Tahta Aidilla/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PINANG -- Aliansi Jurnalis Independen Batam bersama Himpunan Mahasiswa Islam Tanjungpinang dan Bintan menggalang dana solidaritas selama Ramadhan 1433 Hijriah untuk kaum Muslim Rohingya yang ditindas pemerintah Myanmar.

"Aksi ini digelar karena kami merasa prihatin terhadap kondisi masyarakat Muslim di Rohingya. Aksi sosial ini juga diharapkan dilakukan oleh organisasi lain, dan juga daerah lain sehingga hasilnya diharapkan dapat meringankan beban masyarakat Muslim di Rohingya," kata koordinator aksi, Kurnia Syaifullah Pasaribu, Senin (30/7).

Aksi mulai dimulai hari ini di posko di depan halaman Kantor Semenanjung Televisi Tanjungpinang. Sejumlah aktivis menyodorkan beberapa kotak kardus kepada pejalan kaki serta pengendara sepeda motor dan mobil. "Bantuan dari warga dimasukkan ke dalam kotak kardus itu. Berapa pun bantuan warga pasti bermanfaat bagi umat Muslim di Rohingya," ungkapnya.

Bantuan itu dari masyarakat akan dimasukkan ke dalam rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap. Masyarakat juga dapat langsung menyalurkan bantuan ke rekening BCA dengan nomor rekening 6760300860, Bank Syariah Mandiri 1010005557, Bank Mandiri 1280004723620 dan Bank Permata Syariah dengan nomor rekening 0970613048.

"Kami berharap masyarakat dapat membantu meringankan penderitaan umat muslim di Rohingya," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Himpunan Mahasiswa Islam Tanjungpinang, Rio Wanis, mengatakan, aksi unjuk rasa mengutuk keras terhadap penganiayaan umat Muslim di Rohingya juga akan dilakukan pada Selasa (31/7) di Bundaran Pamedan Tanjungpinang.

Kemungkinan sebagian masyarakat Tanjungpinang belum mengetahui penindasan yang dilakukan kelompok tertentu terhadap Muslim di Rohingya. "Kami mengimbau masyarakat Indonesia, khususnya Tanjungpinang mendoakan dan memberi bantuan kepada umat muslim di Rohingya," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement