Jumat 27 Jul 2012 23:50 WIB

Bisnis Hiburan di Ibu Kota Sedang Lesu

Penari di klub malam (ilustrasi)
Penari di klub malam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemasukan industri hiburan di DKI Jakarta selama Juli 2012, mengalami penurunan cukup signifikan, mencapai 60 persen dibandingkan bulan sebelumnya. "Diperkirakan penurunan pemasukan industri hiburan di Ibukota selama Ramadhan berkurang lebih dari 60 persen," kata Ketua Perhimpunan Pengusaha Rekreasi dan Hiburan Umum DKI Jakarta, Adrian Maelite kepada wartawan di Jakarta, Jumat (27/7).

Ia mengatakan, beban masyarakat terhadap hal yang lebih penting tahun 2012 lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi tersebut mengakibatkan pengeluaran masyarakat menjadi lebih meningkat.

"Sebanyak 40 bisnis hiburan di Jakarta tetap buka selama 2011. Penurunan pemasukan pada tahun 2011 sekitar 60 persen. Diperkirakan tahun 2012 juga akan terulang kembali, bahkan berpeluang pemasukan akan lebih rendah," ujarnya.

Adrian mengatakan, selain biaya yang dikeluarkan selama Ramadhan dan biaya mudik, serta alokasi tambahan pengeluaran untuk biaya masuk sekolah. "Kondisi tersebut mengakibatkan warga lebih hemat dan mengurungkan niat bepergian ke tempat hiburan," ujarnya.

Terlebih selama berlangsungnya Ramadhan, lanjut Adrian, operasional bisnis hiburan di Jakarta turut serta dibatasi. Pembatasan operasional tempat hiburan diatur di dalam surat edaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Jenis hiburan seperti bar, klab malam, diskotek, mandi uap, griya pijat, dan permainan keeping jenis bola ketangkasan harus ditutup sepanjang Ramadhan. Aturan ini mengikat sekitar 1.300 bisnis hiburan di Ibukota.

Meski begitu, tambah Adrian, kondisi Ramadhan 2012 lebih tertib dibandingkan tahun lalu. Bahkan, karena kekhawatiran terhadap sanksi dan tindakan sepihak dari masyarakat, dipastikan tidak ada bisnis hiburan bandel yang beroperasi di luar dari aturan yang telah ditetapkan.

"Pemantauan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus berjalan. Bentuknya pemantauan, bukan razia. Jangan sampai masyarakat yang turun tangan langsung," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement