Jumat 27 Jul 2012 14:12 WIB

Kapal Kargo Terbakar di Batam

Kapal terbakar/Ilustrasi
Foto: Antara
Kapal terbakar/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kapal kargo Budi Jasa 17 dari Singapura dengan tujuan Pelabuhan Beton Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, terbakar di sekitar pelabuhan rakyat Kampung Tua Dapur 12 Sagulung, Jumat sekitar pukul 03.00 WIB dinihari saat sedang lego jangkar.

Penjaga kapal, Mudin di lokasi kejadian mengatakan belum tahu persis penyebab kebakaran karena saat peristiwa terjadi tidak berada di atas kapal. "Kami tidak mengetahui pasti awal terjadi kebakaran, yang jelas api cepat sekali membesar keseluruh bagian kapal," kata dia.

Namun ia mengatakan sempat mendengar ledakan sebelum api terlihat menjalar pada seluruh bagian kapal itu. "Beberapa saat setelah ledakan, masyarakat berdatangan dan berupaya memadamkan api. Namun tidak berhasil sehingga hampir seluruh bagian kapal ludes," kata dia.

Warga sekitar lokasi kejadian, Randi mengatakan, kapal tersebut sudah lego jangkar sekitar sepekan karena mengalami kerusakan pada bagian lambung. "Seharusnya kapal menuju pelabuhan Beton Sekupang, karena rusak maka lego jangkar di sini untuk diperbaiki," kata dia.

Ia mengatakan, tidak ada masyarakat sekitar yang mengetahui secara pasti penyebab kebakaran karena rata-rata masih terlelap tidur. "Kami terbangun setelah mendengar ledakan yang cukup keras pada kapal tersebut," kata dia.

Kapolsek Sagulung AKP Eddi Buce saat dihubungi mengatakan belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran dan tengah memeriksa beberapa saksi. "Kami belum mengetahui penyebab kebakaran. Saat ini kami masih terus meminta keterangan penjaga kapal yang seharusnya mengetahui kejadian tersebut," kata dia.

Ia mengatakan, masih menunggu pemilik kapal untuk mengetahui kondisi kapal sebelum terjadi kebakaran.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement