Jumat 27 Jul 2012 12:46 WIB

Ketua DPR: Bea Masuk Kedelai Jadi Langkah Tepat

Petani kedelai
Petani kedelai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Marzuki Alie menilai kebijakan pemerintah untuk membebaskan sementara bea masuk kedelai adalah langkah yang cepat dan tepat. “Yang penting pemerintah merespon cepat. Kenaikan harga kedelai kan disebabkan gagal panen di AS yang membuat harga kedelai melonjak. Ini diantisipasi dengan membebaskan bea masuk kedelai untuk sementara,” ujar Marzuki, kemarin malam.

Setelah harga kembali normal, kata dia, maka bea masuk kedelai bisa kembali diterapkan. Hal ini menurutnya bertujuan untuk melindungi para petani kedelai lokal. ”Kondisi sekarang yang diuntungkan kan petani kedelai kalau tidak terlibat tengkulak. Petani harus tetap dilindungi dan jika harga sudah kembali normal, bea masuk akan kembali diterapkan,” jelasnya.

Untuk menanggulangi hal ini, Marzuki juga menjelaskan bahwa peran Bulog akan dikembalikan seperti dahulu. ”Dulu kan bulog setelah krisis dipangkas semua wewenangnya. Kini pelan-pelan kita kembalikan sehingga bulog bisa mengambil langkah-langkah yang perlu sehingga tidak ada gejolak harga seperti pada kedelai lagi,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement