Sabtu 21 Jul 2012 13:19 WIB

Ada 3 Lokomotif Masuk Bengkel, Diharapkan Kelar Agustus

Sebuah lokomotif kereta api keluar dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/1). (Republika/Wihdan Hidayat)
Sebuah lokomotif kereta api keluar dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/1). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Komisaris PT Kereta Api meminta seluruh perbaikan lokomotif yang kini sedang dilakukan di Balai Yasa Yogyakarta dapat diselesaikan pada awal Agustus. "Masih ada tiga lokomotif yang menjalani 'overhaul'. Diharapkan, pekerjaan perbaikan lokomotif tersebut sudah dapat diselesaikan pada 5 Agustus," kata Komisaris PT Kereta Api Yahya Ombara saat melakukan pengawasan di Balai Yasa Yogyakarta, Sabtu (21/7).

Menurut dia, perbaikan lokomotif tersebut merupakan bagian dari upaya persiapan PT Kereta Api untuk melaksanakan Angkutan Lebaran 2012. Pasalnya, seluruh armada yang akan digunakan untuk memberikan pelayanan angkutan sudah harus siap dijalankan pada H-7 Lebaran.

Pada masa Angkutan Lebaran 2012, PT Kereta Api menyiapkan 166 lokomotif dengan 140 lokomotif stamformasi dan 26 lokomotif cadangan. "Secara umum, seluruh sarana kereta api mulai dari lokomotif dan gerbong kereta api sudah siap dijalankan untuk masa Angkutan Lebaran 2012," katanya.

Untuk melayani angkutan penumpang selama mudik dan balik di Pulau Jawa, PT Kereta Api telah menyiapkan 277 rangkaian kereta api, yang terdiri dari 239 rangkaian kereta api reguler dan 22 rangkaian kereta komersial tambahan serta 16 kereta ekonomi tambahan.

Jumlah penumpang yang memanfaatkan moda transportasi kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2012 di Pulau Jawa diperkirakan mencapai 165.000 orang tiap hari. "Jumlah tersebut diperkirakan turun sekitar 10-20 persen dibanding tahun lalu karena saat ini PT Kereta Api sudah menerapkan aturan satu tiket untuk satu penumpang," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement