Rabu 18 Jul 2012 16:16 WIB

Sultan Canangkan Dua Anak Lebih Baik

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad
Sri Sultan Hamengku Buwono X
Foto: Antara
Sri Sultan Hamengku Buwono X

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mencanangkan dua anak lebih baik pada puncak peringatan hari keluarga nasional (Harganas) di Balaikota Yogyakarta, Rabu (18/7). Pencanangan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas keluarga di DIY. Puncak Harganas DIY sendiri digelar di Yogyakarta.

Diakui Sultan, keluarga berkualitas adalah kunci terwujudnya peradaban bangsa Indonesia di masa yang akan datang. "Peradababan bangsa dimulai dari keluarga. Namun untuk mewujudkan sebuah peradaban yang baik diperlukan keluarga yang berkualitas," jelas Sultan.

Diakuinya, keluarga berkualitas tersebut hanya bisa dicapai jika keberhasilan program keluarga berencana (KB) bisa dipertahankan. Dimana setiap keluarga maksimal hanya memiliki dua anak saja.

Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Keluarga Nasional DIY GKR Hemas yang juga istri Sultan mengatakan, peringatan Harganas merupakan momentum penting untuk memantapkan komitmen politis dari berbagai pihak dalam keberlangsungan program keluarga berencana sehingga jumlah penduduk bisa dikendalikan.

Menurutnya, dewasa ini permasalahan masyarakat, bangsa dan negara semakin kompleks. Karena itu dibutuhkan keluarga-keluarga yang tangguh dalam masyarakat sendiri. Keluarga tangguh adalah keluarga yang sejahtera jiwa dan raga. "Dibutuhkan keluarga-keluarga tangguh untuk menghadapi persoalan yang semakin kompleks ini," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement