REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - PT Pos Indonesia meraih sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 atas layanan Express Mail Service (EMS) yang mampu menjangkan 189 negara tujuan.
"Untuk mendapatkan ISO ini tidak gampang. Kalau diibaratkan di perguruan tingi, ihtiar mendapatkan ISO ini sama halnya menjadi sarjana dengan predikat kelulusan 'cumlaude' (sangat memuaskan)," kata Dirut PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana di Denpasar, Selasa (17/7) malam.
Untuk meraih sertifikat itu, katanya, TUV NORD Indonesia Certification melakukan audit implementasi sistem manajemen mutu di Mail Processing Center Bandung dan Kantor Tukar Soekarno-Hatta Bandung serta Kantor Pos Denpasar.
Dalam melakukan audit TUV NORD selaku badan sertifikasi internasional menguji penerapan sistem pengumpulan, proses, dan pengantaran barang melalui layanan EMS.
"Dengan demikian, layanan kami ke-189 negara tujuan telah memenuhi standar internasional. Kualitas layanan ini akan terus kami pertahankan," kata Mardjana setelah menerima sertifikat dr TUV NORD Indonesia itu.
Kualitas layanan pengiriman logistik yang prima dari Pos Indonesia itu juga telah mendapat pengakuan penuh dari perusahaan kurir internasional, seperti DHL, UPS, dan GDEX.
"Mereka sangat mengharapankan bisa bekerja sama dengan kami karena mereka menganggap kami bisa memberikan pelayanan jasa pengiriman barang berskala internasional yang sangat mumpuni.