Ahad 15 Jul 2012 21:07 WIB

Gempa Guncang Padang Jelang Ramadhan

IAIN Imam Bonjol yang rusak parah akibat gempa Padang 2009
Foto: Wordpress
IAIN Imam Bonjol yang rusak parah akibat gempa Padang 2009

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Gempa menguncang Kota Padang, Sumatera Barat sepekan menjelang bulan Ramadhan 1433 Hijriyah, Ahad (15/7) sekitar pukul 16.18 WIB dengan kekuatan 4.0 Skala Richter (SR).

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa kekuatan 4.0 SR terjadi Lokasi 1.04 Lintang Selatan, 99.76 Bujur Timur posisi 67 Km Barat Daya Padang dengan kedalaman 10 Km. Yunus, salah seorang warga seberang Padang mengatakan saat terjadi gempa ia sedang berada di rumah menuaikan sholat Ashar.

"Guncangan gempa terasa sekitar empat detik, namun guncangan terasa kuat," katanya.

Gempa juga mengguncang Kota Padang menjelang Ramadhan pada 6 Maret 2007 sekitar pukul 15.00 WIB dengan kekuatan 6,3 SR. Saat itu warga sedang bersiap-siap pergi `balimau` (mensucikan diri menyambut puasa). "Pada saat itu puluhan rumah roboh akibat guncangan gempa tersebut sehingga kami jadi merasa khawatir, akan terjadi gempa yang sama dengan kekuatan besar," katanya.

Hal sama juga dialami Doris warga Lolong, Kota Padang mengatakan bahwa dirinya sedang berada di lantai dua rumahnya dan bergegas turun keluar rumah. "Saat itu saya sedang mau mengambil air wudlu untuk menunaikan Shalat Ashar," katanya.

Dia menambahkan, guncangan gempa dirasakan bergitu kuat sehingga ia merasa cemas. "Rasa trauma masih belum hilang ketika terjadi gempa 30 September 2009 berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR), sama hal yang terjadi pada 2007 dengan kekuatan 6,3 SR," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement