Jumat 13 Jul 2012 21:17 WIB

UI Kumpulkan Ilmuwan Muda se-Indonesia

Rep: Fenny Melisa/ Red: Hafidz Muftisany
Universitas Indonesia
Foto: Republika/Aditya
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas mengikuti Konferensi Ilmuwan Muda Indonesia (KIMI)  Jumat (13/7).

Konferensi yang merupakan bagian dari acara MIPA untuk Negeri (MUN) 2012 ini digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI sejak Kamis (12/7) hingga Sabtu (14/7).

Ketua Pelaksana MUN 2012, Imanuel Manginsela Rustijono, mengungkapkan koferensi yang diikuti oleh 230 mahasiswa dari 24 universitas seluruh Indonesia ini, bertujuan untuk memfasilitasi gagasan inovasi para mahasiswa.

 “Sayang sekali jika gagasan inovasi para mahasiswa hanya diam di kepala. Perlu ada sarana untuk untuk memfasilitasi gagasan mereka,” ujar Imanuel.

Imanuel mengatakan dalam KIMI 2012, para peserta mempresentasikan hasil karya tulis mereka selama 45 menit. Karya terbaik akan diumumkan pada puncak acara MUN 2012, MIPA UI Award, Selasa (17/7).

“Tidak hanya memberikan apresiasi untuk para peserta, dalam MIPA UI Award kami juga memberikan penghargaan kepada sejumlah ilmuwan Indonesia ,” kata Imanuel.

Mengangkat tema ‘Kontribusi Nyata Mahasiswa Indonesia dalam Mengatasi Permasalahan Negeri’, para peserta menampilkan karya tulis mereka yang berkaitan dengan permasalahan negeri  yakni pangan, energi, dan pendidikan.

“Peserta KIMI merupakan peserta yang lolos seleksi dalam Lomba Tulisan Untuk Negeri. Kurang lebih 519 peserta dari 56 universitas  yang mengirimkan abstrak tulisannya pada kami,” tutur Imanuel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement