Jumat 13 Jul 2012 17:50 WIB

Korupsi tak Hanya Jadi Masalah Indonesia

Rep: Esthi Maharani / Red: Karta Raharja Ucu
Mural anti korupsi
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Mural anti korupsi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati menilai, persoalan korupsi tak hanya menjadi masalah di Indonesia, tetapi di negara-negara maju. Korupsi pun menjadi tantangan yang paling penting di dunia.

"Itu (korupsi) merupakan tantangan yang sangat besar bukan hanya di Indonesia, di negara maju, negara miskin semuanya terjadi," katanya, Jumat (13/7).

Dikatakannya, korupsi merupakan tantangan yang paling penting. Terutama dari sisi penegakan hukum dan sistem peradilan yang memungkinkan masalah ini bisa ditangani secra efektif. Dengan begitu, korupsi bisa dicegah dan kerugian bisa dikembalikan.

Mantan Menteri Ekonomi RI itu mengatakan, semua transaksi di Bank Dunia sampai hari ini dilaksanakan secara transparan dan terbuka. Hal ini juga dimaksudkan untuk bahan evaluasi, sehingga dapat diketahui apakah pinjaman bank dunia menguntungkan dan efektif untuk mendorong pembangunan.

"Pemberian pinjaman bank dunia menggunakan spirit membangun dan harus dibuat menguntungkan negara tersebut yang kemudian membuat benefit atau manfaat yang lebih luas," katanya mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement