Ahad 08 Jul 2012 00:50 WIB

Jelang Puasa, Harga Sembako Mulai Naik

Sembako di Pasar Tradisional (ilustrasi)
Foto: antara
Sembako di Pasar Tradisional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Harga sejumlah jenis bahan pokok di pasar-pasar di Kota Palu menjelang puasa mulai bergerak naik.

Pantauan di pasar Masomba, Sabtu, beras kualitas terbaik yang sebelumnya dijual pedagang Rp380 ribu per karung (50kg), kini naik menjadi Rp395 ribu.

Begitu pula minyak goreng bimoli yang sebelumnya dijual Rp13 ribu per kilogram, naik menjadi Rp14 ribu, gula pasir dari Rp11 ribu, menjadi Rp14 ribu per kilogram dan telur ayam ras dari Rp30 ribu per rak, naik menjadi Rp32 ribu.

Para pedagang mengatakan, kenaikkan ini disebabkan harga di tingkat produsen naik. "Kami hanya menyesuaikan saja. Harga distributor naik, otomatis pengecer juga ikut menaikan," kata Ny Nunung, seorang pedagang di Pasar Masomba.

Ia mengatakan stok berbagai kebutuhan masyarakat di pasar cukup memadai karena suplai dari produsen dan distributor lancar.

Kepala Bidang Administrasi Pemkot Palu Taming Tombolotutu memenarkan kenaikan harga beberapa jenis bahan pokok tersebut namun masih dalam tingkat yang wajar.

Kenaikkan dipicu oleh meningkatnya permintaa masyarakat dan kenaikan harga di tingkat produsen dan distributor.

"Soal stok, terutama beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu dan telur ayam dijamin mencukupi kebutuhan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement