Rabu 04 Jul 2012 12:37 WIB

Jaga Keamanan, Warga Puncak Jaya Diminta Terlibat

Warga Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, saat beraktifitas di Pasar Kota Lama.
Foto: Republika Online/Chairul Akhmad
Warga Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, saat beraktifitas di Pasar Kota Lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Warga Mulia, Kabupaten Puncak Jaya diajak untuk ikut serta menjaga kamtibmas dengan menciptakan situasi yang aman dan nyaman bersama aparat pemerintahan setempat.

"Saya imbau dan ajak semua lapisan warga yang ada di Puncak Jaya untuk bahu-membahu ciptakan situasi yang aman dan nyaman," kata Kapolres Puncak Jaya, AKBP Marcelis kepada ANTARA Jayapura via telepon seluler, Rabu (4/7).

Menurut dia, menjaga keamanan bukan saja menjadi tugas utama dari aparat pemerintah terutama dari pihak kepolisian atau pun dari TNI tetapi warga sekitar juga mempunyai tanggungjawab yang sama untuk hal itu.

Sehingga kedamaian dan keamanan yang telah tercipta beberapa waktu belakangan ini terus terjaga dan jauh dari tindakan dari pihak yang tidak bertanggungjawab. "Menjaga keamanan bukan hanya tugas Polisi atau TNI tetapi warga Puncak Jaya juga punya peran yang sangat penting untuk itu," katanya.

Terkiat situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya itu, lanjut dia, sementara ini Puncak Jaya tergolong kondusif. "Bisa dikatakan sementara ini di Puncak Jaya aman tapi belum bisa dikatakan sepenuhnya demikian juga karena masih ada saudara kita yang belum sepaham," katanya.

Dia mengatakan selama ini pihaknya terus berupaya untuk membangun dan menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang berseberangan dengan pemerintah, dengan cara menggandeng para tokoh agama, masyarakat dan adat setempat.

"Yah, kalau hanya polisi saja yang berusaha saya kira tidak mungkin, ini juga harus didukuung oleh elemen lainya agar Puncak Jaya tetap aman dan nyaman," katanya. Lebih lanjut perwira menengah itu mengatakan pemerintah setempat juga tidak boleh lelah dan menyerah untuk selalu menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang berseberangan.

"Ini juga harus didukung oleh pemerintah, kan kita tahu saat ini Puncak Jaya baru dijabat oleh pelaksana tugas bupati Bapak Syamsuddin Roma," katanya. "Harapanya Puncak Jaya bisa terus membangun, menuju masyarakat yang adil dan sejahtera," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement