Selasa 03 Jul 2012 12:32 WIB

Yuk..Berburu Kuliner Daerah di PRJ

Rep: Ratna Puspita/ Red: Hafidz Muftisany
Es Selendang Mayang, salah satu jajanan khas daerah di PRJ
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Es Selendang Mayang, salah satu jajanan khas daerah di PRJ

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekan Raya Jakarta (PRJ) bukan hanya pesta rakyat bagi warga Ibu Kota. Produk makanan khas daerah nusantara dapat dengan mudah ditemui selama Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang digelar di Kemayoran, Jakarta Pusat, hingga 15 Juli 2012.

Produk makanan khas daerah ini termasuk yang diburu selama penyelenggaraan Jakarta Fair. Penjualan produk makanan asal Provinsi Jambi, misalnya, mengalami peningkatan. Produk yang dicari, seperti abon ikan patin, kerupuk udang, serundeng ubi, dodol nanas dan dodol kentang.

Penjaga stan makanan khas Jambi di PRJ, Susilawati (42 tahun), mengatakan, penjualan dari hari ke hari terus meningkat."Meskipun tidak terlalu banyak,” kata dia. Harga makanan dan camilan khas Jambi ini berkisar mulai Rp 5.000 sampai Rp 15.000.

Setiap hari, penjualan di stannya mencapai Rp 600 ribu. Angka itu memang sesuai targetnya yang berharap mendapatkan omset Rp 500.000 hingga Rp 700.000 per hari. “Kami berharap barangnya laku semua dan total penjualan meningkat dari tahun lalu,” ujar Susilawati.

Ada pula produk makanan khas Balikpapan, Kalimantan Timur, di antaranya telur pindang dan telur panggang. Kedua produk ini terbuat dari telur itik. Makanan khas Balikpapan lain yang juga dijajakan di PRJ 2012 ini adalah keripik rambak dan keripik usus ayam.

Untuk telur pindang, harganya Rp 10.000 per kotak berisi dua butir, telur panggang Rp 4.000 per butir, keripik rambak Rp 7.500 dan keripik usus ayam Rp8.000. “Kami sudah menjual lebih dari 1.500 unit produk makanan, dan setiap hari jumlahnya terus bertambah," kata Sri Mulyati (46), pemilik sentra industri makanan khas Balikpapan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement