Ahad 01 Jul 2012 17:50 WIB

Warga Papua Ditembak OPM di Bagian Kepala

Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Seorang warga sipil kabupaten Keerom, Provinsi Papua, tewas ditembak oleh kelompok bersenjata pada Minggu sekitar pukul 09.15 WIT. Korban yang bernama Johanes Yanafrom (30) itu didor di bagian kepala dan dadanya.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Erwin Syafitri, mengatakan kepada media bahwa penembakan terjadi tak jauh dari mobil Danyonif 431 yang tengah melakukan patroli rutin di sekitar Kampung Sawi Tami, Keerom, Papua. Korban Johanes, menurut Erwin, tewas ditembak di bagian kepala dan dada saat berada sekitar 200 meter di belakang mobil Danyonif 431.

Jenderal bintang dua Itu menjelaskan bahwa penembakan dilakukan oleh kelompok OPM pimpinan Lamberthus Pekikir yang berencana masuk ke Kota Jayapura untuk melancarkan sejumlah aksinya. Pelaku diidentifikasi bernama John.

"Mereka hendak ke kota Jayapura dan kita telah mengetahui itu. Mereka rencananya ingin melakukan aksi di Kota Jayapura namun merasa terdesak,'' kata Erwin. ''Kelompok ini mengambil tempat di ketinggian yang kemudian menembak Danyonif 431 beserta anggota yang tengah berpatroli."

Berondongan tembakan mengenai atap mobil dan kaca samping pengemudi. Sementara, serpihan kaca mengenai tangan salah satu anggota.

Korban Yohanes Yanafrom, Kepala Desa Sawoyo Tami, saat itu sedang melintas mengendarai sepeda motor. Dia berada sekitar 200 meter di belakang kendaraan Dan Yon 431. ''Kepala Kampung Sawi Tami (Johanes Yanafrom) ditembak mati oleh kelompok OPM tersebut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement