Sabtu 30 Jun 2012 15:37 WIB

Bandara Supadio Dibuka 24 Jam

Bandara Supadio Pontianak
Foto: indonesiabox.com
Bandara Supadio Pontianak

REPUBLIKA.CO.ID,PONTIANAK--Bandara Internasional Supadio Pontianak akan beroperasi selama 24 jam mulai 1 Juni 2012, kata Kepala Dinas Operasional PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani, di Sungai Raya, Sabtu.

"Hal ini dilakukan PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa penerbangan di bandara Supadio Pontianak," kata Syarif Usmulyani.

Pada tahun ini ada empat bandara yang beroperasi selama 24 jam, yaitu Bandara Minangkabau International Airport (MIA), Bandara Sultan Badarudin II Palembang, Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, dan Bandara Supadio Pontianak, jelasnya.

Menurutnya, dengan penambahan jam operasional bandara tersebut diharapkan semakin banyak penumpang yang terlayani pihaknya. Pasalnya, penambahan jam operasional tersebut juga berdasarkan surat edaran Dirjen Perhubungan Udara, dimana empat bandara tersebut memang diminta untuk memperpanjang jam operasinya hingga 24 jam.

Hal itu sejalan dengan meningkatnya arus penumpang dan kargo udara sehingga penambahan jam operasi menjadi sebuah keharusan.

"Selama ini memang banyak keluhan dari penumpang bandara Supadio karena selama ini bandara Supadio hanya buka sampai pukul 20.00 hingga 21.00. Akibatnya, banyak penumpang dari Jakarta atau sejumlah kota lainnya tak bisa melanjutkan penerbangan ke kota tujuan," tuturnya.

Usmulyani menjelaskan, untuk pengoperasian bandara selama 24 jam tersebut pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal termasuk sumber daya petugas bandara.

"Kami sudah melakukan penambahan terhadap petugas keamanan, pengatur lalu lintas udara, petugas cargo, penjaga ruang kedatangan, dan petugas lainnya. Sehingga operasional bandara Supadio selama 24 jam akan kita lakukan mulai besok," tuturnya.

Usmulyani menyatakan, penambahan jam operasional bandara Supadio itu juga berdasarkan permintaan maskapai penerbangan yang ada di sana. Pasalnya, banyak permintaan penumpang yang selama ini tidak bisa dilayani maskapai penerbangan karena jam operasional bandara Supadio yang singkat.

"Kami yakin, dengan dibukanya bandara Supadio hingga 24 jam terjadi kenaikan penumpang yang sangat signifikan. Dan itu tentu akan semakin mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kalbar," tuturnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement