Jumat 29 Jun 2012 01:04 WIB

Wuih, Ini Dia Kabar Gembira untuk Penggemar Mutiara

Mutiara (Ilustrasi)
Mutiara (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM---Festival mutiara atau "Lombok Sumbawa Pearl Festival" akan terselenggara pada 29 Juni mendatang di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). "Lombok Sumbawa Pearl Festival itu awalnya merupakan gagasan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kini sudah menjadi agenda tahunan bagi provinsi NTB," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB Lalu Gita Aryadi.

Dalam ajang "Lombok Sumbawa Pearl Festival" itu akan tergelar pameran mutiara, pemilihan duta mutiara, lelang mutiara, "buyers meet sellers'', MICE forum, fashion show dan pentas seni budaya, serta aneka perlombaan seperti lomba cukli, yakni kerajinan kreatif yang menggunakan limbah kerang mutiara, serta lomba Fotografi yang terbuka untuk umum.

Untuk pelaksanaannya, ajang ini dipadukan dengan puncak peringatan Hari Keluarga yang bertujuan mempopulerkan Pulau Lombok dan Sumbawa sebagai daerah penghasil mutiara dengan kualitas terbaik di dunia.

Diharapkan, festival itu juga dapat menjadikan Pulau Lombok dan Sumbawa sebagai daerah tujuan wisata, sekaligus meningkatkan ekonomi rakyat melalui budidaya mutiara yang melibatkan banyak pengusaha kecil menengah.

Pada 2011, "Lombok Sumbawa Pearl Festival" mendulang transaksi penjualan mutiara sebesar 120.000 dolar AS. "Diharapkan tahun ini penjualan mutiara akan meningkat, dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke NTB dapat mencapai satu juta orang lebih baik wisatawan mancanegara maupun nusantara," ujar Gita.

Hasil penelitian Kementerian Kelautan dan Perikanan, mutiara produk NTB diklasifikasikan dalam golongan A (kualitas tinggi), B (sedang) dan C (rendah). Klasifikasi A memiliki nilai jual Rp 1 juta/gram, B Rp 150 ribu/gram dan klasifikasi C sebesar Rp 100/gram.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement