Kamis 28 Jun 2012 13:46 WIB

Gempa 5,6 SR Guncang Maluku

Gempa (ilustrasi)
Foto: eeri.org
Gempa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON---Gempa tektonik berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara pada Kamis siang, sekitar pukul 14.39 WIT.

Data Stasiun Geofisika Ambon, menyatakan, gempa berada di posisi 6.12 Lintang Selatan - 132.13 Bujur Timur atau 77 KM arah Barat Daya Kota Tual dan Langgur, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. Gempa tidak berpotensi gelombang pasang (tsunami) karena berada pada kedalaman 10 km di bawah laut.

Ketua DPRD Kota Tual, Rudolf Marthen Warema menyatakan, guncangan gempa tidak dirasakan di sana. "Mungkin pusat gempanya agak jauh sehingga guncangan terasa setempat (MMI) tidak dirasakan di Tual," ujarnya.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia. Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Daerah-daerah rawan gempa di Maluku di antaranya wilayah-wilayah bagian tenggara, Pulau Ambon, Seram dan Buru. Sedangkan pusat patahan di antaranya berada di Laut Ambon dan Seram Bagian Barat (SBB).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement