Rabu 27 Jun 2012 13:45 WIB

Empat Gunung Api Berstatus Siaga

Gunung Ijen mengeluarkan asap terlihat dari Desa Kalisat, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur.
Foto: Antara/Seno S
Gunung Ijen mengeluarkan asap terlihat dari Desa Kalisat, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Empat gunung api di Indonesia masih berstatus siaga atau level III karena aktivitas vulkanik gunung api itu masih di atas rata-rata, kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api, Hendrasto, di Bandung, Rabu.

"PVMBG masih menetapkan empat gunung api, yakni Gunung Karangetang, Lokon, Gamkonora dan Soputanga, berstatus siaga atau level III," katanya.

Gunung Gamkonora merupakan gunung terakhir yang ditetapkan siaga yakni sejak 13 Juni 2012. Sebelumnya gunung api di kawasan Halmahera Utara itu statusnya siaga, namun belakangan aktivitasnya meningkat.

Hendrasto menyebutkan, keempat gunung api itu mendapat pemantauan intensif karena memiliki karakter dan potensi bahaya bagi masyarakat.

Untuk gunung api berstatus waspada, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak mendekat dan beraktivitas dalam radius 2,5 kilometer dari kawah aktif.

"Peta bahaya gunung api itu sudah disosialisasikan kepada masyarakat melalui pemerintah setempat, salah satunya tidak boleh ada aktivitas dan pendakian dalam radius 2,5 kilometer dari kawah aktif," katanya.

Selain keempat gunung yang berstatus siaga, terdapat 14 gunung api lainnya yang berstatus waspada atau level II yakni Gunung Papandayan, Ijen, Rokatenda, Sinabung, Gamalama, Ibu, Krakatau, Marapi, Bromo, Semeru, Ili Lewotobi, Kaba, Sangeangapi dan Gunung Api Kaba.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement