Rabu 27 Jun 2012 11:24 WIB

Ternyata Menteri Gita Pernah Jualan Kulit Kobra

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Hafidz Muftisany
Gita Wiryawan
Foto: Republika
Gita Wiryawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Gita Wirjawan yang kini dikenal sebagai menteri perdagangan ternyata sudah pandai berjualan selagi masih muda. Saat berusia 14 tahun, Gita muda hidup di India. Ia tidak tinggal bersama orang tuanya yang ketika itu masih tinggal di Bangladesh.

Gita berada di India sejak usia semuda itu untuk mengenyam pendidikan Sekolah Menengah Atas (High School). "Ketika itu saya mulai melakukan perjalan hidup sebagai pedagang. Di India banyak kulit ular kobra," ujar Gita saat bercerita di hadapan alumni Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, Rabu (27/6).

Kulit ular kobra itu, kata Gita dibawa ke Bangkok untuk dijual selama periode beberapa bulan. Dari Bangkok, Gita membawa barang-barang berupa elektronoik seperti walkman untuk dijual di India. Gita mengatakan India ketika itu merupakan negara sosialis yang tidak mudah mendapatkan barang-barang elektronik.

Dengan berjualan seperti itu, Gita bisa menabung yang menjadi bekalnya melanjutkan pendidikan di Amerika, selain dengan adanya beasiswa yang didapatkan karena prestasinya.

"Tapi tentu itu bukan alasan saya dijadikan menteri perdangangan," ujar Gita sambil bercanda.

Gita mengatakan meskipun sudah terbiasa berjualan sejak kecil, itu tidak serta merta menjadi alasannya dipilih menjadi menteri perdagangan. Ia melihar negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Korea, Cina bisa maju karena berjiwa enterpreuner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement