Kamis 21 Jun 2012 17:59 WIB

Pesawat Fokker 27 Terbelah Menjadi Lima

Rep: A Salaby Ichsan/ Red: Djibril Muhammad
lokasi jatuhnya pesawat Fokker F-27 di Kompleks Rajawali Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/6).
Foto: A. Syalabi
lokasi jatuhnya pesawat Fokker F-27 di Kompleks Rajawali Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebuah alat berat memasuki komplek AURI di Jalan Rajawali, Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur. Alat tersebut dimaksudkan untuk mengangkat bagian tubuh pesawat Fokker 27 milik TNI AU yang jatuh menimpa delapan rumah pada Kamis (21/6) pukul 14.30 WIB.

Pantauan Republika, setidaknya terdapat lima bagian tubuh pesawat yang pecah akibat jatuh. Badan, ekor, dua sayap dan kepala. Tampak juga mesin pesawat yang terlontar setelah pesawat jatuh.

Hingga saat ini, tempat kejadian jatuhnya pesawat masih dipenuhi warga sekitar. Petugas setempat melarang pers untuk mmelakukan liputan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI, Laksda Iskandar Sitompul dalam sambungan telepon kepada Republika mengakui bahwa pesawat tersebut merupakan milik TNI AU.

Mengenai kondisi pesawat, Iskandar juga mengakui bahwa pesawat latih terbang itu adalah pesawat lama. Pesawat tersebut juga masih memakai Propeller. "Tapi bukan berarti Propellernya jelek," kata dia.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa memberikan keterangan mengenai alasan jatuhnya pesawat. Pasalnya, identifikasi masih terus dilakukan oleh sejumlah pihak.

Tapi, kata Iskandar, dari daya yang diterima pihaknya, akibat kejadian tersebut, sebanyak delapan rumah tertimpa dan terbakar. "Tapi sudah dipadamkan oleh Pemadam Kebakaran," katanya. Tak hanya itu, ada juga korban jiwa. "TNI sangat berbelasungkawa akibat kejadian tersebut," ungkap Iskandar.

Akibat insiden tersebut diduga menimpa sekitar delapan rumah di Perumahan AU tersebut. Saat ini sekitar 10 Unit Pemadam Kebakaran dan 10 Unit mobil Ambulans diturunkan untuk memadamkan kepulan asap yang diduga merupakan lokasi jatuhnya pesawat fokker 27 tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement