Jumat 15 Jun 2012 21:39 WIB

Gunung Ijen Kembali Dibuka untuk Pendakian

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Balai Besar Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur III di Kabupaten Jember yang menjadi pengelola taman wisata alam Kawah Gunung Ijen (2.368 mdpl) membuka jalur pendakian gunung api yang masih berstatus waspada tersebut.

Kepala BKSDA Wilayah III Jatim, Sunandar Trigunajasa, Jumat, mengatakan, jalur pendakian ke Kawah Ijen dibuka sejak awal Juni 2012, namun jalur pendakian dibatasi 1 kilometer dari bibir kawah gunung api tersebut.

"Jalur pendakian dibuka secara terbatas, sehingga wisatawan tidak boleh mendekat ke kawah Ijen dengan radius 1 kilometer demi keselamatan mereka," tuturnya di Jember.

Menurut dia, pembukaan jalur pendakian ke Kawah Ijen tersebut sudah mendapat rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung, dengan syarat batas pendakian 1 kilometer dari bibir kawah.

"Petugas BKSDA juga disiagakan di jalur pendakian Ijen untuk mengantisipasi pendaki yang nekat ke Kawah Ijen, namun masih saja ada yang memaksa mendekat ke kawah. Petugas tetap melarang mereka," paparnya.

Ia mengimbau wisatawan domestik dan mancanegara yang melakukan pendakian ke Kawah Ijen untuk mematuhi imbauan dan rekomendasi PVMBG karena pihaknya tidak akan bertanggung jawab, apabila para pendaki melanggar batas pendakian tersebut.

"Kalau mereka melanggar, maka risiko ditanggung sendiri karena BKSDA sudah memberikan larangan untuk tidak ke Kawah Ijen dengan radius 1 kilometer karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia menjelaskan, jalur pendakian Gunung Ijen ditutup sejak 15 Desember 2012 karena status gunung api tersebut meningkat dari dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II), kemudian meningkat lagi menjadi Siaga (Level III) dan baru dibuka kembali pada 1 Juni 2012.

"Hampir enam bulan jalur pendakian ke Kawah Ijen ditutup dan mulai dibuka awal Juni ini, namun pendakian dibatasi 1 kilometer dari bibir kawah untuk keselamatan para pendaki," katanya.

Status Gunung Ijen turun dari Siaga (Level III) menjadi Waspada (Level II) sejak 13 Mei 2012 karena aktivitas kegempaan menurun yang diikuti oleh temperatur air kawah selama sebulan terakhir.

PVMBG merekomendasikan agar wisatawan tidak mendekati kawah yang berada di puncak Ijen dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif dan kawasan itu harus steril dari aktivitas warga karena masih berpotensi mengeluarkan gas beracun.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement