Jumat 15 Jun 2012 19:18 WIB

Ketum Nasdem Bantah Partainya Jalankan 'Money Politics'

Rep: M Akbar Widjaya/ Red: Djibril Muhammad
Ketua Umum Nasional Demokrat (Nasdem), Patricia Rio Capella
Ketua Umum Nasional Demokrat (Nasdem), Patricia Rio Capella

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum Nasional Demokrat (Nasdem), Patricia Rio Capella menyangkal jika partai yang dipimpimnya menggunakan politik uang untuk memenangkan Pemilu 2014. "Kami tidak akan menggunakan politik uang," kata Patricia saat dihubungi Republika, Jumat (15/6).

Patricia menyatakan, orang harus bisa membedakan antara politik uang dengan pembiayaan kampanye. Apa yang dilakukan Nasdem dengan memodali calegnya dalam kontestasi Pemilu 2014 adalah bagian dari pembiayaan kampanye partai.

Patricia mengingatkan pihak-pihak yang menuding Nasdem money politic agar memahami persoalan terlebih dahulu terkait rencana untuk memodali caleg sekitar Rp 5-10 militar. "Jangan munafik kampanye butuh biaya. Untuk kaos, untuk penyampaian visi dan misi," sindir Patricia.

Berbagai tudingan negatif yang saat ini diarahkan kepada Nasdem menurut Patricia adalah tanda kepanikan lawan-lawan politik Nasdem. Hal ini karena menurutnya mereka tidak mampu melakukan sistem perbaikan pola rekrutment caleg sebagaimana yang dilakukan Nasdem.

Patricia menyatakan, partai politik seharusnya turut bertanngung jawab atas berbagai beban kerja yang diemban calegnya selama masa kampanye. Hal itu menurutnya merupakan bagian dari tanggung jawab partai politik terhadap kader yang memperjuangkan cita-cita partai.

"Sistem rekrutmen yang ada sekarang sangatlah keliru. Partai banyak memeras mereka sehingga terjadi politik transaksional ketika para caleg duduk di parlemen," tandas Patricia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement