Kamis 14 Jun 2012 15:13 WIB

Polisi Tangkapi Jaringan Pelaku Penembakan di Papua

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Dewi Mardiani
Komjen Sutarman
Foto: antara
Komjen Sutarman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah menangkap tiga orang yang sudah menjadi tersangka pelaku penembakan di Jayapura, Papua, termasuk Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Buchtar Tabuni, kini Polda Papua menangkap satu orang lagi yang diduga juga menjadi salah satu pelaku penembakan. Polda Papua menangkap satu orang berinisial MT pada Kamis (14/6) sekitar pukul 09.00 WIT.

"Dari pemeriksaan tiga orang tersangka itu mengarah ke beberapa orang, salah satunya yang ditangkap tadi pagi yaitu MT," kata Kepala Bareskrim Polri, Komjen Polisi Sutarman yang ditemui di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (14/6).

Sutarman menambahkan, saat ini MT masih dilakukan pemeriksaan terkait dugaan menjadi pelaku serangkaian aksi penembakan di Kota Jayapura dan Abepura, Papua, dalam beberapa waktu terakhir. Saat ditanya apakah MT merupakan aktor intelektual, Sutarman mengatakan, masih perlu pendalaman. Namun ia menegaskan MT merupakan anggota dari KNPB.

Dalam setiap aksi penembakan, tambahnya, MT berperan sebagai eksekutor. MT juga menjadi eksekutor dalam penembakan warga negara Jerman, Dietman Pieper di Pantai Base G, Jayapura, Papua pada 29 mei 2012 lalu. MT merupakan rekan tiga orang yang telah ditangkap sebelumnya yaitu Buchtar Tabuni (BT), JW dan KW.

Mengenai keterlibatan organisasi KNPB dalam aksi penembakan tersebut, ia mengatakan belum mengetahui apakah para pelaku ini mengatasnamakan perorangan atau sebagai anggota KNPB. Tiga orang yang ditangkap sebelumnya juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kepemilikan senjata api dan senjata tajam dengan UU Darurat serta pasal 170 dan pasal 330 KUHP.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement