Kamis 14 Jun 2012 06:43 WIB

Dukung Jakarta Broadband City, Telkomsel Gandeng 100 SMA

Kerja sama Telkomsel-Diknas DKI Jakarta
Kerja sama Telkomsel-Diknas DKI Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel malanjutkan program pelatihan untuk guru matematika dan TIK di DKI Jakarta. Direncanakan program pelatihan akan diperluas ke bidang studi yang lain dan menjangkau 100 SMA di Jakarta.

Guna mendukung program itu, Telkomsel menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Penandatangan dilakukan  Head of Area Jabotabek Jabar Group Venusiana Papasi dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Dr.H.Taufik Yudi Mulyanto M.Pd.

Kesepakatan ini mencakup Pelatihan Matematika, Seminar Pendidikan, dan Pembuatan Website sekolah. Program ini direncanakan menjangkau 100 SMA di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Venus mengatakan, saat ini dunia pendidikan telah memasuki era baru dengan pemanfaatan teknologi, dengan adanya bantuan teknologi banyak hal yang bisa dilakukan para civitas akademika, seperti akses beragam bahan ajar via internet, e - books, memantau absensi siswa berbasis SMS, bahkan visualisasi berbagai rumus serta soal eksak akan sangat mudah dengan bantuan teknologi."

"Berbekal pengalaman kami sebagai operator seluler paling di percaya, kami berupaya menerapkan teknologi, khususnya TIK, di sekolah-sekolah di DKI Jakarta, yang selama ini dikenal sebagai kota berbasis internet brodband (Broadband City) Telkomsel," lanjut Venus.

Program ini dimulai dengan di selenggarakannya Pelatihan Matematika bagi Guru di wilayah Jakarta. Dalam pelatihan ini para guru akan diberikan materi soal-soal matematika, pemecahannya, serta pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan kualitas pengajaran setara dengan kurikulum negara maju.  

"Sebagai operator telekomunikasi paling Indonesia, program ini merupakan bentuk kepedulian kami bagi generasi penerus bangsa khususnya dalam bidang pendidikan. Matematika sering dianggap momok bagi sebagian besar siswa, melalui metode yang diperkenalkan, kami berharap para pengajar akan terinspirasi untuk menyampaikan materi matematika yang tadinya terbilang berat, menjadi materi pelajaran yang mudah dan menyenangkan," papar Venus.

Selain memberikan Pelatihan Matematika, Telkomsel juga memperkenalkan website khusus bagi para siswa dan guru yakni www.haisobat.com, media komunikasi berbasis web untuk para anggota komunitas Telkomsel School Community (TSC). Sekolah yang tergabung dalam TS akan disediakan domain khusus untuk pembuatan website sekolah, yang memungkinkan siswanya untuk berinteraksi satu sama lain serta menjadi pusat informasi bagi civitas akademikanya.  

www.haisobat.com menyediakan berbagai menu yang dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan maupun pengetahuan akademik. Salah satu menunya adalah Aljabar dan Trigonometri yang dijabarkan dengan metode yang sangat mudah dan menarik. Disini para siswa bisa menyaksikan berbagai penyelesaian soal dengan tips dan trik tertentu.

Selain menu-menu pelajaran, www.haisobat.com juga dilengkapi dengan menu sesuai minat para siswa saat ini, misalnya: fashion, musik, photo, video, blog, hingga mencoba kemampuan tehnik mereka lewat menu programing.

"Pelatihan yang juga disertai dengan pengenalan website ini kami harapkan mampu melatih Guru untuk memanfaatkan TIK dalam proses belajar mengajar," pungkas Venus.

Kemanfaatan TIK telah nyata dalam riset dari Bank Dunia (World Bank) 2009 yakni investasi sebesar satu persen di sektor TIK bisa memacu pertumbuhan ekonomi suatu negara hingga sekira tiga sampai lima persen. Selain itu, penetrasi broadband sebesar 10 persen bisa meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) 1,38 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement