Sabtu 09 Jun 2012 20:59 WIB

Bisnis Menurut Habibie, Seperti Apa Ya?

Rep: Lingga Permesti/ Red: Hafidz Muftisany
Bj Habibie dengan almarhum istrinya saat masih hidup, Ainun Habibie
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bj Habibie dengan almarhum istrinya saat masih hidup, Ainun Habibie

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie memberi kuliah umum pada Sidang Dewan Pleno 1 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Jakarta, Sabtu (9/6).

Dalam kuliah umum berjudul Membangun Karakter Pengusaha Indonesia dalam Menghadapi ASEAN Ecomonic Community 2015 itu, B.J. Habibie mengungkap kegiatan bisnis dalam kacamatanya.

"Bisnis lancar dilakukan dengan halal,legal dan sah. Untuk memindahkan uang, kita memperhatikan perarutan undang-undang yang berlaku. Pandai-pandai melalukan mekanisme yang berlaku,"kata pria kelahiran 25 Juni 1936 ini.

Menurutnya, apapun yang dilakukan secara halal, maka akan terjadi pemerataan. "Dari pemerataan, akan memelihara stabilitas,"kata pria lulusan ITB ini.

Lanjutnya, mengapa setiap orang sama memiliki 24 jam dalam sehari tetapi memiliki kekayaan yang berbe da? Menurutnya, hal itu karena 3 hal, perilaku yang ditentukan budaya, agama, ilmu. "Ketiganya harus bersinergi positif karena ada kaitannya dengan produktivitas. Kegiatan bisnis seperti inilah cita-cita dari seorang kakek,"katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement