Kamis 07 Jun 2012 06:30 WIB

Panglima TNI, Kapolri dan Menko Kesra 'Bergerak' ke Pulau Morotai

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Djibril Muhammad
Sail Morotai
Sail Morotai

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO - Sejumlah pejabat tinggi pemerintah pusat dan jajaran petinggi TNI/Polri, Kamis (7/6), berkumpul di Kota Manado, Sulawesi Utara. Mereka akan 'bergerak' pagi ini ke Pulau Morotai, Maluku Utara.

Para pejabat yang hari ini akan bergerak ke Pulau Morotai di antaranya adalah Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Mereka akan bergerak ke Pulau Morotai secara bersama dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dari Bandara Sam Ratulangi, Manado. Berdasarkan jadwal yang dirilis Protokoler Kemenkosra, para pejabat tinggi negara itu akan bertemu dengan jajaran pimpinan pemerintah Provinsi Maluku Utara. Yaitu, Gubernur Maluku Utara, Bupati Pulau Morotai, dan Kapolda Maluku Utara.

"Mereka akan membahas persiapan Sail Morotai yang akan diselenggarakan pada Juli-September 2012," begitu tulis jadwal protokoler Kemenko Kesra.

Mereka dijadwalkan terbang dari Bandara Sam Ratulangi pada pukul 07.30 WIT dan tiba di Pulau Morotai pada pukul 09.00 WIT. Selanjutnya, rapat akan segera dimulai pada pukul 09.30 WIT hingga pukul 11.00 WIT.

Setelahnya, akan dilakukan pengecekan kesiapan Sail Morotai 2012. Sedikitnya 120 kapal layar dari dalam dan luar negeri akan ikut ambil bagian pada lomba kapal layar dalam rangkaian penyelenggaraan Sail Morotai di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pertengahan September mendatang.

Khusus kapal layar dari luar negeri akan masuk melalui dua pintu yakni dari Darwin Australia dan Kinabalu, Malaysia. Kapal layar tersebut selanjutnya akan menyinggahi sejumlah daerah di Indonesia sebelumnya semuanya berkumpul di Morotai.

Kegiatan lainnya dalam rangkaian penyelenggaraan Sail Morotai adalah seminar nasional dan internasional, olahraga bahari, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari, festival budaya dan promosi wisata.

Selain itu promosi pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta kelautan dan perikanan. Promosi ini diharapkan dapat menghasilkan kontrak bisnis serta rencana investasi dari para pengusaha baik dari dalam maupun luar negeri.

Pemprov Maluku Utara dan Panitia Sail Morotai terus melakukan berbagai persiapan untuk meyukseskan penyelenggaraan kegiatan yang acara puncaknya tanggal 15 September 2012 akan dihadiri oleh Presiden Susilo Yudhoyono itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement