Senin 04 Jun 2012 17:07 WIB

Kompolnas Jamin tak akan Jadi Macan Ompong

Rep: Esthi Maharani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Topi Polisi (ilustrasi)
Foto: senimanbeladiri.blogspot.com
Topi Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pelantikan keanggotaan Kompolnas yang baru menjanjikan sejumlah pembaruan. Salah satu anggota Kompolnas, Adrianus Meliala mengatakan Kompolnas tak akan menjadi macan ompong. “Itu kemarin-lah. Lihat saja. Kita ingin berbeda,” katanya usai pelantikan, Senin (4/6).

Ia mengatakan Kompolnas baru saja mendapatkan Peraturan Pemerintah (PP) dan MoU dengan Kapolri. Menurutnya, dengan adanya PP dan MoU itu, posisi Kompolnas bisa lebih dihargai, didengar dan berpengaruh. Ia menjanjikan Kompolnas akan berbeda dengan yang terdahulu.

“Dulu itu tidak ada perangkatnya, misalnya tidak ketika Kompolnas membuat arah kebijakan hanya itu, ke bawah tidak ada. Jadi tidak nyambung. Sekarang, sudah digabung jadi harus didengar oleh Kapolri,” katanya.

Menurutnya, Kompolnas yang sekarang bisa memberikan masukan ke Polri dan berada langsung dibawah Presiden SBY. “Sekarang kan kami langsung ke Presiden, jadi numpang galak juga sih,” katanya.

Selain itu, kinerja Kompolnas bisa lebih optimal sebab ada beberapa tambahan kewenangan. Contohnya, Kompolnas boleh hadir dalam gelar perkara khususnya kasus-kasus yang dianggap kontroversi, serta bisa melakukan sidak. “Dulu tidak bisa sidak, sekarang bisa,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement