Sabtu 02 Jun 2012 11:19 WIB

Meningkat, Angka Kelulusan SMP/Mts di Jayapura

Kelulusan UN
Kelulusan UN

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Tingkat kelulusan siswa SMP/MTs di Kota Jayapura ibukota Provinsi Papua pada tahun ajaran 2011/2012 meningkat menjadi 99,57 persen dari 99,17 persen pada 2010/2011. "Untuk tingkat kelulusan, Kota Jayapura mengalami kenaikan 0,40 persen dari tahun lalu, lebih baik dibanding tahun lalu dengan nilai mata pelajaran terbaik adalah Bahasa Indonesia," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura Robert J Betaubun, di Jayapura, Sabtu (2/6).

Dia mengatakan, dari jumlah siswa SMP sederajat di Kota Jayapura yang mengikuti Ujian Nasional sebanyak 4209 siswa. Dari jumlah itu, yang dinyatakan tidak memenuhi satandar kelulusan pada tahun ajaran 2011/2012 adalah hanya 17 siswa. Sedangkan pada tahun lalu, jumlah siswa yang dinyatakan tidak lulus adalah 34 siswa.

Dia menjelaskan, meningkatnya persentase kelulusan siswa merupakan kerja keras semua pihak baik anak didik, orang tua, dan guru di masing-masing sekolah. "Adanya kesiapan yang cukup baik dari pihak sekolah, siswa dan orang tua merupakan faktor utama mendapatkan nilai yang baik. Saya berharap angka kelulusan tahun depan bisa meningkat, bahkan kalau bisa seluruh siswa SMP di Kota Jayapura lulus 100 persen," katanya.

Pengumuman kelulusan untuk tingkat SMP/MTs tersebut akan dilakukan secara serentak di seluruh sekolah di Kota Jayapura pada Sabtu (2/6) pukul 15.00 WIT.

Robert lebih lanjut mengatakan, harapannya dalam merayakan kelulusannya siswa tidak merayakan dengan berlebihan. Ia berharap kepada sekolah agar mengarahkan siswa melakukan beberapa hal positif sebagai luapan kebahagian.

"Banyak hal yang bisa dilakukan seperti melakukan bakti sosial, menyumbangkan baju sekolahnya kepada siswa kurang mampu serta berbagai tindakan positif lainnya,"katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement