Rabu 23 May 2012 15:25 WIB

Menhub: Investigasi Black Box akan Terus Dilakukan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Djibril Muhammad
EE Mangindaan (kiri)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
EE Mangindaan (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Proses investigasi black box akan terus dilakukan. Sementara itu proses pencarian FDR juga akan terus dilakukan. Menteri Perhubungan EE Mangindaan, mengatakan di dalam black box berisi rekaman percakapan yang sangat penting untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi SSJ-100.

"Yang paling penting lagi adalah apabila voice sudah ditemukan, maka perlu adanya dukungan rekaman data awal dan data terakhir dari pesawat itu sendiri," ujarnya, Rabu (23/5).

Mangindaan menambahkan pencarian FDR sementara dihentikan karena untuk menghormati serah terima dan pemakaman jenazah korban jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100. "Pencarian FDR akan terus dilakukan dengan kerja sama oleh Basarnas dan KNKT, lebih cepat ditemukan lebih baik," katanya menegaskan.

Terkait dengan pembenahan sinyal lalu lintas udara yang semakin padat, Mangindaan menjelaskan bahwa akan dilakukan perbaikan dan akan ditangani secara serius.

"Sebenarnya ATC sudah ada layer-layernya, jika tidak terpantau di layer 1, maka akan terpantau di layer 2, kami akan meninjau lagi apalagi saat ini sudah ada kemajuan Iptek tentu hal ini akan semakin disempurnakan terus," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement