Senin 14 May 2012 21:08 WIB

Pencurian Buah Kakao Marak, Petani Resah

Buah Kakao
Foto: viber.wordpress.com
Buah Kakao

REPUBLIKA.CO.ID, PALU - Pencurian buah kakao dalam beberapa bulan terakhir ini semakin meresahkan petani di Kecamatan Palolo dan Nokilalaki, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Jhoni, seorang petani di Desa Sibaga, Kecamatan Palolo di Palu, Senin (14/5), mengatakan pelaku pencurian buah kakao sangat sulit ditangkap sebab mereka beraksi pada malam hari dan juga saat pemilik kebun tidak berada di tempat.

Ia mengatakan, modus operandi mereka dalam satu pohon hanya mengambil tiga-empat buah kakao yang sudah kuning. Misalkan dalam satu pohon tersebut terdapat tujuh atau lebih buah,tetapi yang diambil tiga atau empat buah saja.

Jadi, kata Jhoni, secara sepintas tidak kelihatan ada buah yang dicuri, nanti kalau kita mendekati pohon, baru bisa diketahui ada buah kakao yang hilang.

Aksi pencurian buah kakao tidak hanya terjadi di Kecamatan Palolo, tetapi juga di Kecamatan Nokilalaki. Ruben, seorang petani di Desa Kamarora, Kecamatan Nokilalaki membenarkan maraknya pencurian buah kakao di wilayah itu.

Ia mengatakan, selama kurun tiga bulan terakhir ini, banyak petani yang kehilangan buah kakao bahkan para pencuri beraksi pada siang hari. Beberapa kali para petani menemukan tumpukan kulit kakao di hutan sekitarnya. Para petani berharap bisa menangkap tangan para pencuri buah kakao.

Dua kecamatan di Kabupaten Sigi itu merupakan sentra produksi kakao dan kebanyakan hasil panen petani dijual ke Kota Palu. Meningkatnya pencurian buah kakao karena harga biji kakao kering di pasaran saat ini terbilang cukup bagus, meski sedikit turun dibanding sebelumnya.

Harga biji kakao di Palu pernah naik mencapai Rp28.000,00 per kilogram. Sekarang ini harga turun tinggal berkisar Rp19.500,00 per kilogram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement