Ahad 13 May 2012 09:31 WIB

Kebutuhan Listrik Meningkat Dua Kali Lipat

Petugas PLN mengganti trafo listrik yang rusak (ilustrasi).
Foto: Antara/Arief Priyono
Petugas PLN mengganti trafo listrik yang rusak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Direktur Utama PT PLN, Nur Pamudji, mengatakan kebutuhan listrik di Indonesia meningkat dua kali lipat dari pertumbuhan ekonomi. Sehingga, Indonesia perlu pasokan yang memadai guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Oleh karena itu, infrastruktur kelistrikan sangat penting guna memenuhi kebutuhan listrik dalam upaya memperluas lapangan kerja," kata Nur Pamudji di Kintamani, Denpasar, Ahad.

Nur mengatakan penyediaan energi listrik dalam jumlah yang memadai menjadi salah satu tantangan. Ini sekaligus tugas berat pemerintah dalam membangun infrastruktur kelistrikan.

Kendalanya, menurut dia, menyangkut pembangunan pembangkit sekaligus transmisi yang memerlukan investasi besar. Kendala lainnya mengenai penggunaan teknologi canggih. ''Kendala lainnya menyangkut karakteristik geografis Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau dengan penyebaran penduduk yang tidak merata,'' katanya.

Pada sisi lain, lanjut Nur, daerah penghasil energi primer yang meliputi batubara, gas dan minyak itu berada di luar Pulau Jawa. Sementara, pusat beban pemakaian listrik terpusat di Pulau Jawa. Semua itu menyebabkan biaya penyediaan tenaga listrik di Indonesia menjadi mahal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement