Rabu 09 May 2012 18:15 WIB

Inilah Alasan Gadis Pontianak Ingin Jual Ginjal

Ilustrasi
Foto: Radiologyrsna.org
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Gadis asal Pontianak yang berniat menjual ginjalnya,Rh, mengaku memiliki keinginan untuk menjual ginjalnya pada awal Mei lalu. Berangkat dari permasalahan ekonomi keluarganya dia memasang iklan di internet di situs Yahoo dan menawarkan ginjalnya seharga Rp 500 sampai 600 juta.

Rh nekad menjual ginjalnya dikarenakan ekonomi keluarga yang tidak mampu dan faktor dari ketergantungan keluarga kepadanya sebagai anak sulung membuat nya harus memutar otak untuk mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarganya.

Semenjak tamat dari SMA, dia sudah harus memikul beban berat untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari, anak sulung dari lima bersaudara ini harus bekerja keras setelah ayahnya diberhentikan dari salah satu perusahaan yang berada di pontianak.

Ayahnya hanya bekerja sebagai buruh kasar disebuah toko sembako dengan penghasilan minim dengan upah perhari tiga puluh ribu rupiah, sedangkan ibunya hanya sebagai ibu rumah tangga yang sering sakit-sakitan.

Tiga dari empat adiknya masih duduk dibangku sekolah, satu orang duduk dibangku sekolah lanjutan tingkat pertama, dua orang duduk dibangku sekolah dasar, sedangkan yang terakhir baru berusia tiga tahun.

Karena merasa kurang dapat mencukupi kebutuhan keluarga, dara yang baru memasuki usia dua puluh tahun itu berniat untuk menjual salah satu organ tubuhnya yang berupa ginjal kepada orang lain.

Dia menjelaskan hal ini telah dipikirkannya dengan matang tentang semua risiko yang akan ditanggungnya kelak. Tanpa sepengetahuan kedua orang tua nya diam-diam ia memasang sebuah iklan di salah satu website di internet dengan memberi nama alamat dan nomor kontak, keputusan itu diambilnya setelah ia banyak mendengar dari orang-orang sekitar yang banyak membicarakan tentang penjualan organ tubuh dengan harga ratusan juta rupiah.

Meski keluarganya sedang terlilit kesulitan Rh, mengaku tidak ingin menerima bantuan atau belas kasihan dari pihak manapun.

"Niat saya untuk menjual ginjal memang untuk membantu perekonomian keluarga saya, namun saya sama sekali tidak ingin belas kasihan dari pihak manapun. Karena keinginan saya untuk menjual ginjal ini juga tidak terlalu terdesak, jika ada yang ingin membeli, ya akan saya jual tetapi jika tidak pun saya juga tidak terlalu berharap banyak," kata Rh, di Pontianak, Rabu (9/5).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement