Ahad 06 May 2012 07:40 WIB

Sering Terjadi Kecelakaan Speedboat, Dishub Pinjami Jaket

Speed boat melintasi patroli laut/ilustrasi
Foto: ant
Speed boat melintasi patroli laut/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM -- Dinas Perhubungan, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser Utara memperketat pengawasan terhadap operasional speedboat. Pihaknya mewajibkan motoris dan penumpang mengenakan jaket keselamatan (life jacket).

"Pengawasan kami ketatkan kembali karena sementara ini sering terjadi insiden kecelakaan speedboat," kata Kepala Dinas Hubbudpar PPU, Alimuddin, di Pelabuhan Speedboat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Alimuddin menegaskan semua penumpang, termasuk motorisnya wajib menggunakan life jacket atau jaket keselamatan. Apabila ada speedboat yang tidak melengkapi peralatan keselamatan, maka petugas di pelabuhan telah diinstruksikan untuk menghentikan speedboat tersebut.

"Jadi, speedboat yang bisa jalan itu hanya speedboat yang telah melengkapi alat keselamatan,'' kata Alimuddin. ''Kami saat ini menyiapkan sebanyak 110 jaket keselamatan yang nantinya harus dikembalikan kepada petugas.''

Menurut Alimuddin, pengawasan ini merupakan rangkaian pembinaan yang sebenarnya sudah kerap kali dilakukan. Salah satunya adalah pemberian life jacket.

Namun sayangnya, para motoris tidak pernah memanfaatkannya dengan baik. Oleh karena itu, pihak Dishubbudpar kembali meminjamkan jaket keselamatan kepada para motoris untuk dipergunakan bagi dirinya dan penumpang. "Kami hanya meminjamkan saja dan berharap setiap pemilik speedboat dapat melengkapi peralatan keselamatan sendiri," kata Alimuddin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement