Sabtu 05 May 2012 21:22 WIB

Peringatan Bagi Kaum Perempuan, Waspadai Kanker Serviks

Kanker Serviks (ilustrasi)
Foto: akbidmus.ac.id
Kanker Serviks (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --  Kaum perempuan di Indonesia diimbau untuk waspada terhadap kanker serviks. Peringatan ini dikemukakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar. "Badan Kesehatan Dunia menyebutkan kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan," kata Linda Amalia Sari Gumelar, Sabtu (5/5).

Linda mengatakan, perempuan Indonesia bisa menghindari kanker serviks dengan melakukan berbagai langkah pencegahan karena jika diketahui sejak dini maka kanker dapat diobati. Dia juga mengatakan, sebagai mantan penderita kanker yang berhasil sembuh total beberapa tahun lalu maka dia berharap perempuan Indonesia mau ikut mewaspadai kanker sejak dini. "Saya mantan penderita kanker meskipun bukan kanker serviks melainkan payudara, namun semua jenis kanker bisa diobati jika diketahui sejak dini," katanya.

Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Premier Jatinegara Dr Indrawati Dardiri Sp OG mengatakan, penyakit kanker serviks bisa dicegah sejak dini dengan melakukan berbagai langkah dan upaya. "Salah satunya adalah tidak berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan dan tidak melakukan hubungan seksual di usia dini," katanya.

Selain itu, memelihara kesehatan tubuh, rutin melakukan pap smear dan menghentikan kebiasaan merokok juga merupakan upaya pencegahan kanker.

Hal lain yang bisa dilakukan, kata dia, adalah memperbanyak konsumsi sayuran yang berwarna hijau tua dan kuning yang banyak mengandung beta karoten, vitamin C serta E serta melakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi virus.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement