Jumat 04 May 2012 23:13 WIB

'Aparat Sedang Cari Pembakar Kantor Bupati Mesuji'

Menko Polhukam Djoko Suyanto
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Menko Polhukam Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - aparat keamanan tengah mencari pelaku perusakan dan pembakaran kantor Bupati Mesuji, Lampung. "Sekarang sedang dicari pelaku dan hukum harus ditegakkan," kata  Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

ia menyatakani kasus pembakaran itu karena adanya ketidakpuasan dari pendukung dari wakil Bupati Mesuji. "Menurut UU, aparat yang dikenai hukum harus dicopot dari jabatannya dan Mendagri melaksanakan amanat UU itu. Pendukungnya tidak puas," kata Djoko.

Ia menambahkan  seharusnya aksi pembakaran tersebut tidak boleh terjadi sama sekali. "Seharusnya tidak boleh merusak fasilitas-fasilitas negara karena merugikan mereka dan tak ada kaitannya dengan penegakan hukum dengan aksi-aksi seperti itu," kata Djoko.

Massa pendukung Wakil Bupati Kabupaten Mesuji Ismail Ishak tak puas karena Mendagri mencopot Ismail dengan melakukan pembakaran terhadap kantor bupati pada Kamis (3/5) siang.

Ismail Ishak yang kini ditahan di Rutan Menggala, Tulangbawang diberhentikan dari jabatannya, setelah dilantik 13 April 2012 bersama Bupati Mesuji, Khamamik, di Rutan Menggala.

Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Namun, semua peralatan kantor, termasuk berbagai arsip pemerintah kabupaten Mesuji, hangus terbakar tak tersisa. Sedangkan sejumlah pegawai negeri sipil yang mengantor hari ini, sejak pagi sudah meninggalkan tempat, karena ada isu warga akan mengamuk.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement