Jumat 04 May 2012 17:17 WIB

Mensos: Kepekaan Sosial Bangsa Melemah

Rep: Gita Amanda/ Red: Dewi Mardiani
Mensos, Salim Segaf Al Jufri
Mensos, Salim Segaf Al Jufri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial Republik Indonesia menyatakan kekhawatiran akan melemahnya kepekaan sosial masyarakat di Indonesia. Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri, mengatakan, saat ini ia merasa khawatir dengan kondisi masyarakat Indonesia.

Menurutnya sebagai bangsa yang besar jiwa dan kepekaan sosial bangsa ini semakin hari semakin melemah. Padahal mayoritas penduduk Indonesia berusia muda. "Masyarakat kita ini banyak yang sekarang nafsi-nafsi. Mereka lebih mementingkan kepentingan sendiri dan keluarga, bahkan banyak juga yang tak peduli dengan keluarganya," ujar Salim Segaf saat mengunjungi kantor Republika, Jumat (4/5).

Salim menggambarkan bencana sosial sedang mengancam masyarakat Indonesia saat ini. Untuk bencana alam, Salim mengatakan, Indonesia sudah dapat menangani hal tersebut dengan cepat. Namun untuk bencana sosial, Indonesia masih belum dapat menghadapinya dengan baik.

Salim mencontohkan, masalah antar kampung saja di Indonesia bisa membuat ratusan rumah terbakar atau porak poranda. Masalah-masalah seperti inilah yang perlu diwaspadai. Salim menegaskan, sudah semestinya masyarakat di Indonesia lebih memupuk lagi kepekaan sosial di dalam dirinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement