Rabu 02 May 2012 13:21 WIB

Pernah Berseteru, Pengacara: Endang Rahayu Sosok Pemberani

Rep: a syalaby ichsan/ Red: Endah Hapsari
Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih
Foto: antara
Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pengacara publik yang pernah menggugat almarhumah Endang Rahayu dalam perkara susu formula, David Tobing, mengungkapkan sosok menteri kesehatan nonaktif itu merupakan pribadi pemberani. Saat perkara susu formula menyerap perhatian publik, Endang berani tampil ke depan untuk menjawab semua pertanyaan media.

 

"Waktu perkara susu formula, dia berani tampil di depan Tv walau pun sebenarnya yang paling bertanggung jawab ketika itu IPB,"ungkap David saat berbincang dengan Rol, Rabu (2/5). 

Menurutnya, Endang sebenarnya bisa menghindar dari perkara tersebut dengan menyatakan kasus itu tertutup. Namun, Endang berani tampil ke depan untuk memberi penjelasan.

Meski hingga akhir kepemimpinannya nama susu formula yang diduga mengandung entrobacter sakazakii belum juga dibuka, David mengungkapkan hal tersebut merupakan kebijakan kementerian kesehatan sebagai institusi, bukan pribadi. David pun masih berharap kalau putusan PK Mahkamah Agung nantinya bisa membuka nama-nama merek susu formula.

Terlepas dari perkara susu formula, David  salut atas kebijakan-kebijakan yang dilakukan Endang ketika menjabat menteri. Pasalnya, banyak produk peraturan menteri kesehatan yang pro kepada kesehatan rakyat. Seperti peraturan untuk pengendalian tembakau dan pemberian ASI kepada anak yang lahir dari tangan Endang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement