Rabu 02 May 2012 06:44 WIB

Dirut RSCM: Sakit Menkes Parah Sejak Selasa Pagi

Menkes
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Menkes

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih yang tengah dirawat karena menderita kanker paru-paru di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, mengalamai penurunan kondisi kesehatan yang parah sejak Selasa (1/5) pagi. Kondisi tersebut tidak membaik sehingga pada sore tadi Menkes menjalani perawatan khusus di ruang ICU.

''Kondisinya menurun sejak kemarin. Yang lebih parah penurunannya tadi pagi,'' ungkap Direktur Utama RSCM, Akmal Taher, Selasa malam, kepada wartawan.

Dihubungi terpisah, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Ali Gufron Mukti mengakui, kondisi kesehatan Menkes semakin menurun, tidak mampu berkomunikasi dan belum sadar. ''Belum ada perkembangan yang cukup signifikan sejak menjalani perawatan beberapa waktu yang lalu. Untuk lebih lanjutnya coba dicek ke dokter saja'' ungkap Gufron kepada Republika.

Sebelumnya Menkes Endang sempat menjalani perawatan radioterapi atau radiasi untuk sakit parunya di RSCM. Namun, setelah selesai perawatan tersebut, kondisi kesehatan Menkes masih belum pulih.

Sementara itu terkait dengan isu meninggalnya Menkes Endang, Gufron membantah. ''Belum meninggal ujarnya.

Saat ini suami dan anak-anak Menkes sudah berkumpul di Ruang Kencana RSCM. Sementara itu, pada pukul 19.30, Meneg BUMN (Dahlan Iskan) tiba di RSCM untuk menjenguk Menkes.

Penjagaan ketat di depan RSCM. Wartawan tidak diperkenankan masuk ke ruang masuk RSCM. Sebelumnya, Menkes telah mengajukan pengunduran diri kepada presiden SBY pada 26 April lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement