Rabu 25 Apr 2012 05:00 WIB

Pemerintah Teken MoU Rumah Murah Buruh

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Hafidz Muftisany
Contoh Rumah Murah Kemenpera
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Contoh Rumah Murah Kemenpera

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Perumahan Rakyat dan PT Jamsostek sepakat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang penyediaan perumahan umum bagi pekerja/buruh di lingkungan perumahan baru dengan teknologi tepat guna.

Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan penandatanganan MoU ini sebagai bentuk mempercepat pemenuhan kebutuhan perumahan dan harga jual terjangkau guna meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh.

"Penyediaan perumahan umum bagi pekerja/buruh yang berbentuk rumah susun umum atau rumah umum menjadi prioritas," kata Muhaimin.

Muhaimin menjelaskan dalam penyediaan rumah bagi pekerja/buruh, pemerintah penggunaan konsep kawasan lingkungan hunian berimbang dan penggunaan lahan kawasan industri atau lahan badan usaha.

"Perwujudan konsep perumahan pekerja/buruh dengan jalan fasilitasi pinjaman uang muka dari PT. JAMSOSTEK, fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dan fasilitasi teknis pembangunan perumahan dengan lingkungan hunian berimbang," kata Muhaimin

Dijelaskan Muhaimin, masing-masing pihak yang menandatangani MoU mempunyai tugas dan tanggung jawab sendiri. Pihak Kemenpera bertugas untuk memfasilitasi dan mengoordinasikan penyaiuran Kredit Pemiiikan Rumah (KPR) dengan dukungan FLPP kepada bank penyaiur KPR, memfaslitasi akses masyarakat kepada sumber daya pembangunan termasuk prasarana, sarana, dan utilitas.

Selain itu, Kemenpera bertugas untuk memfasiiitasi kemudahan penerbitan sertifikat tanah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasionai; memfasiiitasi kemudahan penerbitan perijinan membangun berkoordinasi dengan Kementerian Daiam Negeri dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sedangkan tugas Kemnakertrans adalah mensosialisasikan program perumahan pekerja kepada para pekerja/buruh, melakukan pemetaan kebutuhan perumahan pekerja peserta JAMSOSTEK,mendorong partisipasi pengelola kawasan industri atau badan usaha untuk ikut serta dalam program penyediaan perumahan umum bagi pekerja/buruh di lingkungan perumahan baru dengan teknologi tepat guna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement