Sabtu 21 Apr 2012 19:20 WIB

Dosen ITB: Mendaki Gunung Hobi Utama Widjajono

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Karta Raharja Ucu
Wamen ESDM, Widjajono Partowidagdo
Foto: ANTARA/ Ujang Zaelani
Wamen ESDM, Widjajono Partowidagdo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosen Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB), Rudi Rubiandini memiliki kenangan tersendiri tentang sosok mendiang Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Widjajono Partowidagdo yang tutup usia saat melakukan pendakian di Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/4). Rudi mengungkapkan, mendaki gunung merupakan hobi yang telah ditekuni Widjajono sejak lama.  

"Itu (hobi mendaki gunung) sudah lama. Hampir setiap tahun dia meluangkan waktu untuk melakukannya," tutur Rudi saat dihubungi Republika, Sabtu (21/4).

Rudi menyebut, mendaki gunung yang ditekuninya bukan semata-mata untuk hobi, melainkan juga untuk urusan sosial. Sebagai informasi, Widjajono melakukan pendakian di Gunung Tambora bersama rombongan Female Trakkers for Lupus. "Contohnya seperti saat ini, untuk peduli lupus," kata Rudi.

Satu hal yang selalu diingat Rudi terhadap sosok Widjajono adalah gagasan-gagasan gemilangnya di bidang minyak dan gas.  Rudi menjelaskan, 20 tahun lalu Widjajono pernah melontarkan sebuah gagasan dan banyak pihak yang tidak mempercayainya.  "Saat itu, orang-orang menyebutnya terlalu polos. Tapi di hari kemudian, gagasan tersebut ternyata benar," imbuh Rudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement