Sabtu 21 Apr 2012 00:26 WIB

Walhi : Perusahaan Go Green Sebatas Jargon

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Dewi Mardiani
Logo Walhi
Logo Walhi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia mempertanyakan jargon Go Green yang saat ini gencar dibuat perusahaan. Direktur Eksekutif Nasional Walhi, Abetnego Tarigan, meminta agar jargon tersebut tidak sebatas klaim marketing.

"Hati-hati dengan manipulasi seperti green company. Apakah ada peningkatan yang riil bahwa perusahaan tersebut memang peduli lingkungan,"ungkap Abetnego di kantor Walhi, Jakarta, Jumat (20/4). Abetnego mengungkapkan tidak ada upaya serius dari pemerintah untuk mengukur sejauh mana perusahaan tersebut bisa disebut 'Green Company'.

Abetnego mencontohkan saat sebuah bank mencantumkan di logo perusahaannya dengan green banking, apakah memang bank tersebut  tidak berinvestasi kepada perusahaan yang merusak lingkungan. Menurutnya, perlu dilihat komitmen bank dari bisnis yang dijalani. "Apakah bank itu berinvestasi pada perusahaan tambang yang merusak hutan, itu kan kita tidak tahu,"tegasnya.

Oleh karena itu, Abetnego meminta agar perusahaan tidak hanya mendasarkan kebijakan kesadaran lingkungan lewat Coorporate Social Responsibility (CSR). Akan tetapi, tuturnya, perusahaan pun memperhatikan bisnis mereka apakah benar-benar sudah ramah lingkungan atau belum.

Selain itu, ungkapnya, perusahaan perlu menjelaskan kepada publik ketika akan menjadikan Go Green sebagai jargon perusahaan. Sehingga, ungkap Abetnego, masyarakat bisa mengukur ketika perusahaan tersebut memang benar-benar mengaplikasikan makna Go Green tersebut. Apakah harus distandarisasi pemerintah, Abetnego meragukan kemampuan negara untuk melakukan itu. "Pemerintah kita masih kurang berwibawa untuk berperan ke arah itu," jelas Abetnego.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement