Rabu 18 Apr 2012 12:47 WIB

Hari Kartini, 21 Perempuan akan Gowes Jepara-Bandung

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany
Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar ketika melepas rombongan tim srikandi tahun lalu
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar ketika melepas rombongan tim srikandi tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sebanyak 21 perempuan yang berasal dari seluruh Indonesia akan bersepeda dari Jepara ke Bandung pada 21-27 April 2012. Acara ini sekaligus mengulang keberhasilan perjalanan para Srikandi Jilid 1 pada 21 April 2011 lalu.

Perjalanan selama enam hari ini bertemakan “Merayakan Semangat Perempuan Pahlawan Indonesia Menuju Generasi Penerus Yang Bermartabat”.

Para perempuan tersebut tergabung dalam tim Bike to Work  akan menempuh jarak 588 km. Tim ini akan berangkat dari Jepara Jawa Tengah pada (21/4) mendatang. Kemudian mengakhiri perjalanan di Bandung, Jawa Barat pada (27/4). Mereka ini adalah gabungan dari berbagai latar belakang, profesi, umur dan kemampuan bersepeda.

Tim srikandi akan melewati tiga propinsi dengan rute etape pertama Jepara-Solo, etape kedua Solo-Yogyakarta, etape ketiga Yogyakarta-Gombong. Etape keempat Gombong-Majenang, etape kelima Majenang-Tasikmalaya, Etape keenam Tasikmalaya-Bandung.

Ida Suselo Wulan, deputi dua bidang pengarusutamaan gender bagian politik, sosial dan hukum kementerian pemberdayan perempuan dan perlindungan anak mengatakan bahwa dengan kampanye ini telah meningkatkan minat masyarakat untuk mencitai olahraga bersepeda.

“Sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan dan ini sejalan dengan program Kementerian Lingkungan Hidup tentang pengurangan pemanasan global” ujar Ida pada (19/4).

Selain melakukan perjalanan dengan sepeda, Tim Srikandi juga akan melakukan ziarah ke makam Dewi Sartika, Raden Ajeng Kartini dan Nyi Ahmad Dahlan.

Tim srikandi juga terus melakukan latihan setiap weekend dengan jarak tempuh sekitar 70-100 km tiap sesi latihan. Latihan ini dilakukan selama lima kali untuk mempersiapkan fisik dan mental para bikers ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement