Jumat 13 Apr 2012 05:03 WIB

Industri Tekstil Gelar Pameran Mesin

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Dewi Mardiani
Pabrik tekstil di Indonesia (Ilustrasi)
Foto: KBRI Roma
Pabrik tekstil di Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Industri tekstil bakal punya hajat. PT Peraga Nusantara Jaya Sakti bakal menggelar pameran permesinan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) bertajuk Indo Intertex 2012. Selain itu, akan digelar pula Inatex 2012 yang akan memamerkan bahan baku dan bahan penunjang tekstil, 19-22 April mendatang di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Ketua asosiasi pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat menuturkan dari pameran ini ditargetkan stansaksi sebesar 75 juta Dollar selama satu tahun setelah pameran. "Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) memegang peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Ade saat jumpa pers, Kamis (12/4).

Selain pameran, akan digelar pula seminar perkembangan industri tekstil berbasis teknologi tinggi. Selama ini, pertumbuhan industri tekstil berbasis teknologi tinggi masih terbatas.

Seiring dengan kemajuan teknologi tinggi, permintaan tekstil akan terus bertambah. Pada tahun 2012, ekspor tekstil diperkitakan mencapai 14 Miliar Dollar atau naik lima persen dari tahun 2011.

Menurut Ade, krisis Eropa akhir tahun lalu cukup berdampak pada permintaan, namun diproyeksikan akan tetap positif. Ekspor Indonesia memiliki dua persen dari pasar global. Cukup jauh dibandingkan Cina yang memiliki 40 persen lebih dari pasar dunia. Namun, ia perkirakan ekspor Cina untuk sektor tekstil akan mengalami pertumbuhan negatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement