Ahad 08 Apr 2012 06:23 WIB

Gempa 5,3 SR Getarkan Maluku Tenggara Barat

Provinsi Maluku, kawasan rawan gempa.
Foto: news.indonesianbeach.com
Provinsi Maluku, kawasan rawan gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,3 pada Skala Richter (SR) menggetarkan wilayah barat laut Maluku Tenggara Barat, Minggu pukul 03.09.39 WIB. Sejauh ini belum ada peringatan akan potensi Tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Geofisika untuk pemantauan gempa bumi di Kotabumi, Lampung, menyebutkan, getaran gempa 5,3 SR itu berada pada wilayah koordinat 5,93 derajat Lintang Selatan (LS) dan 130,88 derajat Bujur Timur (BT) pada 193 km barat laut Maluku Tenggara Barat.

Kedalaman pusat gempa (episentrum) pada 10 km. BMKG tidak melansir peringatan dini tsunami atas terjadi gempa ini, dan belum dilaporkan dampaknya bagi masyarakat di sana.

Selasa, 03 April 2012, gempa tektonik berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) juga sempat terjadi di Kabupaten Maluku Barat Daya dan Maluku Tenggara Barat pada sekitar pukul 18.26 WIT.

Meski skalanya cukup besar, gempa tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas warga karena lokasinya pada kedalaman 491 kilometer di bawah laut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement